PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT UNTUK
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA
A.
LATAR BELAKANG
Media
pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan
penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan
bagian yang harus mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap kegiatan
pembelajaran. Oleh karena itu guru / fasilitator perlu mempelajari bagaimana
menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran
dalam proses belajar mengajar.
Pada
kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan,
antara lain: terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari
media yang tepat, tidak tersedianya biaya, dan lain-lain. Hal ini sebenarnya
tidak perlu terjadi jika setiap guru / fasilitator telah mempunyai pengetahuan
dan ketrampilan mengenai media pembelajaran.
Dalam
upaya memperbaiki proses pembelajaran agar efektif dan fungsional, maka fungsi
media pembelajaran sangat penting untuk dimanfaatkan. Pemakaian media dalam
proses pembelajaran dimaksudkan untuk mempertinggi daya cerna siswa terhadap
informasi atau materi pembelajaran yang diberikan.
Salah
satu bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan adalah Microsoft Office Power Point. Kumala dikutip Ika Nurjanah
mengatakan Microsoft Power Point
merupakan salah satu aplikasi milik Microsoft
disamping Microsoft Word dan Microsoft Exel yang telah di kenal
banyak orang. Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office. Pada dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point berfungsi untuk membantu user dalam menyajikan persentasi.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan
bahwa Power Point merupakan software yang mampu menampilkan program
multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan serta penggunaannya relatif
murah. Power Point memiliki kemampuan
untuk menggabungkan berbagai unsur media seperti pengolahan teks, warna,
gambar, grafik serta animasi.
Aplikasi Power
Point menyediakan fasilitas slide
untuk menampung pokok-pokok pembicaraan yang akan disampaikan pada peserta
didik. Dengan fasilitas animasi, suatu slide
dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas front picture, sound dan effect dapat dipakai untuk membuat suatu
slide yang bagus. Bila produk slide ini disajikan, maka para pendengar
dapat ditarik perhatiannya untuk menerima apa yang disampaikan kepada peserta
didik.
Melalui
penggunaan media Microsoft Office Power
Point diharapkan pembelajaran akan lebih menarik bagi siswa sehingga dapat
meningkatkan minat, perhatian, motivasi serta hasil belajar siswa. Media Microsoft Office Power Point sangat
efektif diterapkan dalam pembelajaran fisika. Hal tersebut karena media Microsoft Office Power Point dapat
menghilangkan sifat abstrak dan verbalis materi fisika.
B.
KAJIAN PUSTAKA
1.
Pengertian Media Pembelajaran
media pembelajaran adalah segala sesuatu yang
dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau materi yang mengandung tujuan instruksional
kepada penerima pesan dalam pembelajaran. media pembelajaran merupakan segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran,
perasaan, perhatian dan kemampuan siswa sehingga dapat mendorong keberhasilan
proses belajar.
2.
Pengertian Power
Point
Power Point merupakan salah satu program dalam Microsoft
Office. Microsoft Office Power Point adalah
salah satu jenis program yang tergabung dalam Microsoft office. Microsoft Office
Power Point merupakan program aplikasi yang dirancang secara khusus untuk
menampilkan program multimedia. Hal ini sebagaimana dikemukakan Ryfkanarang
(2010:102) sebagai berikut:
Program Microsoft
Office Power Point adalah salah satu software yang dirancang khusus untuk
mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan,
mudah dalam penggunaan dan relative murah karena tidak membutuhkan bahan baku
selain alat untuk menyimpan data.
3.
Pengertian Hasil Belajar
Hasil
belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima,
menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar
mengajar. Hasil belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu
dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau
raport setiap bidang studi setelah mengalami proses belajar mengajar. Hasil
belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan evaluasi. Hasil dari evaluasi
dapat memperlihatkan tentang tinggi atau rendahnya hasil belajar siswa. Hasil
belajar merupakan prestasi yang
diperoleh setelah melakukan suatu kegiatan yang dimana akan menimbulkan
suatu perubahan-perubahan pada diri individu.
C.
PEMBAHASAN
Media
pembelajaran powerpoint adalah salah satu media peresentasi yang efektif
digunakan dalam pembelajaran khususnya fisika, karena program inii digunakan
untuk menyampaikan peresentasi dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikan
sebagai media komunikasi yang menarik. Sehingga mampu meningkatkan hasil
belajar fisika siswa.
D.
KESIMPULAN
Berdasarkan
pembahasan makalah, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media peresentasi
power point lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil sisiwa.
DAFTAR
PUSTAKA
http://pamongsakaba.wordpress.com/2009/09/29/pemanfaatan-microsoft-power-point-untuk-media-pembelajaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar